Rabu, 29 Agustus 2012

Khimar Dan Jilbab


Khimar Dan Jilbab Wanita Muslimah

Banyak kesalahpahaman terhadap islam di dalam masyarakat. Umpamanya saja jilbab. Tidak sedikit orang menyangka bahwa yang dimaksud dengan jilbab yaitu kerudung. Padahal tidak demikian. Jilbab bukan hanya kerudung. Kerudung didalam Al-Qur`an Surah An Nuur : 31 disebut dengan istilah khimar ( jamaknya : khumur ), bukan hanya jilbab. Adapun jilbab yang ada didalam Surah Al Ahzab : 59, sesungguhnya yaitu pakaian longgar yang menutupi seluruh tubuh wanita dari atas sampai bawah.

Kesalahpahaman lain yang kerap didapati yaitu anggapan bahwa baju muslimah itu yang perlu telah menutup aurat, masih mode pakaian apakah terusan atau potongan, atau menggunakan celana panjang, dikira bukan hanya problem. Dikira, jenis potongan atau bercelana panjang jeans oke-oke saja, yang perlu ‘kan telah menutup aurat. Jikalau telah menutup aurat, dikira telah berbusana muslimah dengan sempurna. 

Padahal tidak demikian, islam sudah mengambil keputusan syarat-syarat untuk baju muslimah didalam kehidupan umum, layaknya yang diperlihatkan oleh nash-nash al qur`an dan as sunnah. Menutup aurat itu cuma di antara syarat, bukan hanya hanya satu syarat baju didalam kehidupan umum. Syarat selainnya umpamanya baju muslimah tidak bisa memakai bahan tekstil yang transparan atau mencetak lekuk tubuh wanita

Karena, meskipun menutup aurat namun jikalau mencetak tubuh dengan kata lain ketat –atau memakai bahan tekstil yang transparan– terus belum dikira baju muslimah yang sempurna. Dikarenakan itu, kesalahpahaman sejenis itu butuh diluruskan, supaya kita dapat kembali pada ajaran islam dengan murni dan bebas dari dampak lingkungan, pergaulan, atau adat-istiadat rusak di dalam masyarakat sekuler saat ini.

Benar-benar, bila kita berkelanjutan dengan islam, kadang-kadang merasa amat berat. Umpamanya saja menggunakan jilbab ( didalam makna yang sebenarnya ). Di dalam maraknya beraneka mode baju wanita yang diiklankan trendy dan up to date, jilbab dengan kontras jelas akan terlihat ortodoks, kaku, dan kurang trendy ( dan pasti, tidak seksi ). Padahal, baju jilbab itulah baju yang benar untuk muslimah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar