Kamis, 30 Agustus 2012

Ciri-Ciri Wanita Sholehah

Ciri-Ciri Wanita Sholehah Dambaan Pria

Ciri-Ciri Wanita Solehah

wanita adalah di antara makhluk ciptaan allah subhaanahu wata’ala yang mulia. karakteristik wanita berlainan dari lelaki didalam lebih dari satu hukum umpamanya aurat wanita berlainan dari aurat lelaki. wanita mempunyai kedudukan yang amat agung didalam islam. islam amat melindungi harkat, martabat seorang wanita. wanita yang mulia didalam islam adalah wanita muslimah yang sholihah.

wanita muslimah tidak cukup cuma dengan muslimah saja, namun haruslah wanita muslimah yang sholihah dikarenakan banyak wanita muslimah yang tidak sholihah. allah subhaanahu wata’ala amat memuji wanita muslimah, mu’minah yang sabar dan khusyu’. apalagi allah subhaanahu wata’ala mensifati mereka jadi para pemelihara yang taat. allah subhaanahu wata’ala berfirman :

Artinya: “Maka wanita yang sholihah adalah yang taat, lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada dikarenakan Allah telah menjaga mereka.” (QS. An Nisa’:34)

wanita shalihah adalah dambaan tiap-tiap orang. harta yang sangat bernilai, sebaik-baik perhiasan. nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, artinya : ”dunia semuanya adalah perhiasan. dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita yang sholihah. 

”alangkah indahnya bila tiap-tiap muslimah jadi wanita yang sholihah, dambaan tiap-tiap suami. oleh karenanya seyogyanya tiap-tiap wanita bersegera buat memperbaiki diri dan akhlaqnya supaya jadi wanita yang sholihah. oleh dikarenakan itu kita kudu tahu sifat dan ciri-ciri wanita sholehah, diantaranya :

1. pertama

wanita muslimah adalah wanita yang beriman bahwa allah subhaanajilbabhu wata’ala adalah rabbnya, dan muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam adalah nabi-nya, dan islam dasar hidupnya. efek itu semua terlihat jelas didalam perkataan, perbuatan, dan amalannya. dia akan menjauhi apa-apa yang mengakibatkan murka allah, takut dengan siksa-nya yang teramat pedih, dan tidak menyimpang dari aturan-nya.

2. kedua

wanita muslimah senantiasa melindungi sholat lima waktu dengan wudlu’nya, khusyu’ saat menunaikannya, dan membangun sholat pas pada waktunya, hingga tak ada sesuatupun yang menyibukkannya dari sholat itu. tak ada sesuatupun yang melalaikan dari beribadah pada allah subhaanahu wata’ala hingga terlihat jelas padanya buah sholat itu. karena sholat itu mecegah perbuatan keji dan munkar dan benteng dari perbuatan maksiat.
 
3. ketiga

wanita muslimah adalah yang melindungi jilbabnya dengan rasa suka hati. hingga dia tidak keluar jika didalam kondisi berjilbab rapi, melacak perlindungan allah dan bersyukur kepadanya atas kehormatan yang didapatkan karenanya ada hukum jilbab ini, di mana allah subhaanahu wata’ala inginkan kesucian baginya dengan jilbab tersebut. Allah berfirman:

Artinya: “Hai Nabi, Katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, Karena itu mereka tidak di ganggu. dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al Ahzab:59)

4. keempat

wanita muslimah senantiasa melindungi ketaatan pada suaminya, seiya sekata, sayang kepadanya, mengajaknya pada kebaikan, menasihatinya, memelihara kesejahteraannya, tidak mengeraskan suara dan perkataan kepadanya, dan tidak menyakiti hatinya.
Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda:

إذا صلحت المرأة خمسها وصامت شهرها وأطاعت زوجهادخلت جنّة ربّها (رواه أحمد وطبراني)

5. kelima 

wanita muslimah adalah wanita yang mendidik anak-anaknya buat taat pada allah subhaanahu wata’ala, mengajarkan pada mereka aqidah yang benar, menanamkan ke didalam hati mereka perasaan cinta pada allah dan rasul-nya menghindari mereka dari semua type kemaksiatan dan tingkah laku tercela.
Allah berfirman, artinya: “Wahai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.” (QS. At Tahrim:6)

6. keenam

wanita muslimah tidak berkhalwat ( berduaan ) dengan lelaki bukan hanya mahramnya.

rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda, artinya : “tidaklah seorang wanita itu berkhalwat dengan seorang lelaki, jika setan jadi pihak ketiganya” ( riwayat ahmad )

dia dilarang melancong jauh jika dengan mahramnya, sebagaimana pula dia tidak bisa menghadiri pasar-pasar dan tempat-tempat umum jika dikarenakan mendesak. itupun kudu berjilbab. nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda :
artinya : “seorang wanita dilarang mengadakan satu perjalanan sejarak 1 hari semalam keculai dibarengi mahramnya” ( mutafaq alaih )
nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, artinya : “diizinkan untuk kalian keluar tempat tinggal buat kepentingan kalian ( wanita )” ( mutafaq alaih )

7. ketujuh

wanita muslimah adalah wanita yang tidak menyerupai lelaki didalam perihal spesial yang jadi ciri-ciri mereka. nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, artinya : “allah melaknat lelaki yang menyerupai wanita dan wanita-wanita yang menyerupai laki-laki”juga tidak menyerupai wanita-wanita kafir didalam perihal yang jadi ciri spesial mereka, baik berbentuk baju, ataupun gerak-
gerik dan perilaku. nabi shallallahu
‘alaihi wasallam bersabda:

من تشبه بقوم فهو متهم(رواه أحمد، أبودٰود وغيره)

8. kelapan 

wanita muslimah senantiasa menyeru ke jalur allah di kelompok umur wanita dengan kalimat yang baik, baik berkunjung kepadanya, terkait telephone dengan saudara-saudaranya, ataupun dengan sms. di samping itu, dia mengamalkan apa yang dikatakannya dan berupaya buat menyelamatkan diri dan keluarganya dari siksa allah. nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda :

9. kesembilan 

wanita muslimah senantiasa melindungi hatinya dari syubhat ataupun syahwat. memelihara matanya dari memandang yang haram. allah subhaanahu wata’ala berfirman :
Artinya : “Katakanlah kepada wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya.” (QS. An Nur: 31)

melindungi farjinya, memelihara telinganya dari mendengarkan nyanyian dan perbuatan dosa. memelihara semua anggota tubuhnya dari penyelewengan. ketahuilah yang demikian itu adalah takwa. nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda :

10. kesepuluh 

wanita muslimah senantiasa melindungi waktunya supaya tidak terbuang sia-sia, baik siang hari atau malamnya. jadi dia menghindari diri dari ghibah (menggunjing), namimah ( mengadu domba ), mencaci dan perihal lain yang tidak bermanfaat.

Artinya: “Janganlah kalian saling dengki, saling membenci, saling mencari kesalahan dan bersaing dalam penawaran, namun jadilah hamba-hamba Allah yang bersatu” (Riwayat Muslim)

Artinya: “Mencaci seorang muslim adalah kefasikan dan membunuhnya adalah kekafiran” (Mutaffaq Alaih)

Allah Subhaanahu wata’ala berfirman, artinya: “Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari purba-sangka itu dosa. dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.” (QS. Al-Hujurat:12)

Wanita muslimah tidak cukup hanya dengan muslimah saja, tetapi haruslah wanita muslimah yang sholihah karena banyak wanita muslimah yang tidak sholihah. Allah Subhaanahu wata’ala sangat memuji wanita muslimah, mu’minah yang sabar dan khusyu’. Bahkan Allah Subhaanahu wata’ala mensifati mereka sebagai para pemelihara yang taat. Allah Subhaanahu wata’ala berfirman:

Artinya: “Maka wanita yang sholihah adalah yang taat, lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada dikarenakan Allah telah menjaga mereka.” 
(QS. An Nisa’:34)

Wanita shalihah adalah idaman setiap orang. Harta yang paling berharga, sebaik-baik perhiasan. Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, artinya: ”Dunia seluruhnya adalah perhiasan. Dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita yang sholihah.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar